Labels

Home » » Kumpulan Mahfudzat: Petuah

Kumpulan Mahfudzat: Petuah

Hafalan para santri pondok. Kata-kata mutiara yang disarikan dari ayat-ayat Al-Quran, hadits, atsar sahabat, irsyadat ulama, kata-kata hikmah, petuah para alim, atau pemikiran langsung para cendikia, dan sebagainya untuk dihafalkan para santri sebagai pedoman dan prinsip hidup.

Mahfudzat yang dikumpulkan di artikel ini adalah yang jenisnya seruan, nasehat, atau petuah.
Apa artinya? Siapa yang sudah hafal di luar kepala? Mangga, Silakan dimaknani. :)

Mahfudzat
Transliterasi
Padanan
جَرِّبْ وَلاَحِظْ تَكُنْ عَارِفًا Jarrib wa la khidz takun 'arifan Cobalah dan perhatikanlah, niscaya kau jadi orang yang tahu.
اُطْلُبِ العِلْمَ مِنَ المَهْدِ إِلىَ اللَّحْدِ Uthlubul 'ilma minal mahdi ilal lahdi Tuntutlah ilmu sejak dari buaian hingga liang kubur.
جَالِسْ أَهْلَ الصِّدْقِ وَالوَفَاءِ Jalis ahlashidqi wal wafa' Pergaulilah orang yang jujur dan menepati janji.
تَعَلَّمَنْ صَغِيْرًا وَاعْمَلْ بِهِ كَبِيْرًا Ta'allaman shägirän wa'mal bihi kabirän Belajarlah di waktu kecil dan amalkanlah di waktu besar.
أَصْلِحْ نَفْسَكَ يَصْلُحْ لَكَ النَّاسُ Ashlih nafsaka yashluh lakan nass Perbaikilah dirimu sendiri, niscaya orang-orang lain akan baik padamu.
فَكِّرْ قَبْلَ أَنْ تَعْزِمَ Fakkir qäbla an ta'zim Berpikirlah dahulu sebelum kamu berkemauan (merencanakan).
اِجْهَدْ وَلاَ تَكْسَلْ وَلاَ تَكُ غَافِلاً فَنَدَامَةُ العُقْبىَ لِمَنْ يَتَكاَسَلُ Ijhad walaa taksal walaa taku ghäfilan fanadaamatu liman yatakaasal Bersungguh-sungguhlah dan jangan bermalas-malas dan jangan pula lengah, karena penyesalan itu bagi orang yang bermalas-malas.
اُتْرُكِ الشَّرَّ يَتْرُكْكَ Utrukis sarrä yatrukka Tinggalkanlah kejahatan, niscaya ia (kejahatan itu) akan meninggalkanmu.
قُلِ الحَقَّ وَلَوْ كَانَ مُرًّا Qulil haq walau kaa na murrän Katakanlah yang benar itu, walaupun pahit.
وَعَامِلِ النَّاسَ بِمَا تُحِبُّ مِنْهُ دَائِماً Wa ‘aamilin naasa bima tuhibbu minhum daaiman Dan pergaulilah manusia itu dengan apa-apa yang engkau sukai daripada mereka semuanya.
داووا الغضب بالصمت - Obatilah kemarahan itu dengan diam.
اُنْظُرْ مَا قَالَ وَلاَ تَنْظُرْ مَنْ قَالَ Unzur ma qäla wa la tanzhur man qä la Perhatikanlah apa-apa yang dikatakan, dan janganlah meperhatikan siapa yang mengatakan.
خُذْ مِنَ الدَّهْرِ مَا صَفَا وَمِنَ اْلعَيْشِ مَا كَفَى - Ambillah sesuatu yang bersih saja dari suatu masa dan secukupnya saja dari penghidupan.
خُذْ مَا طَفَّ لَكَ - Ambillah mana yang lebih dekat padamu.
آخِ اْلأَكْفَاءَ وَدَاهِنِ اْلأَعْدَاءَ - Persaudarailah kawan dan minyakilah lawan.
عَلَى قَدَّ لحافكَ مَدَّ رَجُلَيْكَ Lunjurkanlah kakimu sepanjang yang mampu ditutupi selimutmu Lunjurkanlah kakimu sepanjang yang mampu ditutupi selimutmu. (Belanjalah sesuai dengan keperluan.
اسأل مجرب ولا تسأل تكيم Isal al mujrib wa laa tas’al hakim Bertanyalah kepada orang yang berpengalaman, bukan kepada orang bijak.
عَلَيْكَ اَنْ تَسْتَرْعِيْ وَ تُرَكِّزِيْ فِكْرَكَ اِلَى التَّعَلُّمِ - Konsentrasikan pikiranmu pada pelajaranmu.
أعرف قبل أن يمكنك الحكم - Kenali sebelum engkau menghakimi.
Written by: Kang Odin
Syiir, Updated at: 9:38 AM

0 komentar:

Post a Comment