Labels

Home » » Kumpulan Mahfudzat: Sebaik-Baik

Kumpulan Mahfudzat: Sebaik-Baik

Hafalan para santri pondok. Kata-kata mutiara yang disarikan dari ayat-ayat Al-Quran, hadits, atsar sahabat, irsyadat ulama, kata-kata hikmah, petuah para alim, atau pemikiran langsung para cendikia, dan sebagainya untuk dihafalkan para santri sebagai pedoman dan prinsip hidup. 

Mahfudzat di sini dikumpulkan tidak berdasarkan kitab, tetapi berdasarkan awalan, yaitu berawalan "Sebaik-baik..." (Khäru ...), ( ... خَيْرُ)

Apa artinya? Siapa yang sudah hafal di luar kepala?
Mangga, Silakan dimaknani. :)


Mahfudzat Transliterasi Arti
خَيْرُ جَلِيْسٍ فيِ الزَّمَانِ كِتَابٌ Khäiru jalis fizzamani kitab Sebaik-baik teman duduk pada setiap waktu adalah buku.
خَيْرُ الأَصْحَابِ مَنْ يَدُلُّكَ عَلىَ الخَيْرِ Khäirul ashhab man yadulluka 'alal khäir Sebaik-baik teman itu ialah yang menunjukkan kamu kepada kebaikan.
خَيْرُ مَالِكَ مَا نَفَعَكَ Khäiru malika ma nafa’aka Sebaik-baik hartamu adalah yang bermanfaat bagimu.
خَيْرُ الأُمُوْرِ أَوْسَاطُهَا Khäirul umuuri aw saathuhaa Sebaik-baik perkara itu adalah pertengahanya (yang tengah-tengah atau sedang-sedang saja).
خَيْرُ النَّاسِ أَحْسَنُهُمْ خُلُقاً وَأَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ Khäirun naasi ahsanuhum khulqän wa anfa'uhum linnas Sebaik-baik manusia itu, adalah yang terlebih baik budi pekertinya dan yang lebih bermanfaat bagi manusia.
خَيْرُ الكَلاَمِ مَا قَلَّ وَدَلَّ Khäirul kalaami ma qälla wa dalla Sebaik-baik perkataan itu ialah yang sedikit dan jelas.
Written by: Kang Odin
Syiir, Updated at: 7:09 AM

0 komentar:

Post a Comment